KOMPUTIKA

Tentang Komputika

KOMPUTIKA

Jurnal Sistem Komputer Unikom Komputika adalah media untuk publikasi bagi para penulis di bidang rekayasa sistem komputer, teknik komputer, robotika dan informatika

Informasi Jurnal
Nama terbitanJurnal Sistem Komputer Unikom Komputika
PengelolaJurusan Teknik Komputer Unikom
PenerbitJurusan Teknik Komputer Unikom
Frekwensi Terbitan6 Bulan
Nomor ISSN2252-9039
Websitehttp://komputika.tk.unikom.ac.id

Panduan Penulisan

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Diketik dalam 2 kolom (ukuran kertas A4) dengan huruf Times New Roman ukuran 11, rata kanan-kiri 2,5 cm.
  2. Naskah diawali dengan judul, nama penulis (tanpa gelar), instansi dan alamat email untuk korespondensi. Isi naskah setidak-tidaknya berisi/menerangkan tentang pendahuluan, metoda, hasil, diskusi, kesimpulan, daftar pustaka. Ucapan terima kasih bila diperlukan dapat dituliskan setelah bagian kesimpulan.
  3. Naskah dilengkapi dengan abstrak (100-250 kata) diikuti kata kunci (4-8 kata) dalam bahasa Indonesia. Abstrak hendaknya menjelaskan tentang apa yang diteliti/dikembangkan/dipikirkan, metoda dan hasil sehingga isi naskah dapat tergambar tanpa membaca seluruh tulisan.
  4. Judul bagian naskah serta sub judul untuk bagian yang berbeda (pendahuluan, metoda, hasil, diskusi, kesimpulan) diberikan nomor arab secara bertingkat (1, 1.1, dst)
  5. Satuan ukuran yang digunakan serta singkatannya mengikuti aturan International System of Units (SI)
  6. Persamaan dinomori berurutan dengan nomor arab dalam kurung disebelah kanan persamaan (rata kanan). Penggunaan simbol dalam persamaan diberi keterangan dalam bagian naskah dibawahnya.
  7. Penyisipan gambar dan tabel disertai dengan judul singkat dibawahnya (untuk gambar) dan diatasnya (untuk tabel) serta diberi nomor berurutan. Seluruh gambar dan tabel yang digunakan harus diulas pada bagian tulisan.
  8. Daftar dari referensi yang dikutip dituliskan pada bagian akhir naskah dengan memberikan nomor urut sesuai dengan urut-urutan pengutipan pada naskah. Bagian naskah yang mengacu pada satu atau beberapa literatur lain hendaknya mencantumkan nomor urut referensi pada daftar pustaka.
  9. Contoh penulisan referensi adalah sebagaimana berikut:
    1. Orfanidis, Sophocles J. Optimum Signal Processing, An Introduction, 2nd ed., McGraw-Hill Book Company, 1988.
    2. LIN, David W., On Digital Implementation of the Fast Kalman Algorithms, IEEE Transaction on Acoustics, Speech, and Signal Processing., vol. ASSP-32, hal. 998-1005, No.5, October 1984.
    3. All data sheet. Hitachi HM55B Compass Module (#29123). Diakses 05 Juli 2011, dari http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/228104/ ETC2/HM55B/+Q2J227VwSw9bIPvzH+/datasheet.pdf.

Susunan Redaksi

Pelindung

Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto

Editor Penyelia

Susmini I. Lestariningati, S.T, M.T

Editor Pelaksana

  1. Sri Nurhayati, S.Si, M.T
  2. Agus Mulyana, S.Kom, M.T
  3. Usep Mohamad Ishaq, M.Si
  4. Wendi Zarman, M.Si

Editor Tamu

Dr. Arry Akhmad Arman (ITB)

Reviewer/ Mitra bestari

  1. Dr. Yeffry Handoko Putra
  2. Dr. Yusrila Y. Kerlooza
  3. Ir. Syahrul, M.T

Pelaksana Teknis

Hidayat, S.Kom, M.T

Alamat Redaksi

Jurusan Teknik Komputer

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Jl. Dipati Ukur No.112, Bandung 40132

Tel/Fax : (022) 2504119/ (022) 2533754

Website: http://komputika.tk.unikom.ac.id